145. Efektifitas Pendekatan Sugestopedia Sebagai Upaya Peningkatan Kecakapan Apresiasi Puisi Bagi Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Semarang

Authors

  • Siti Nur Hasisah
  • Agus Wismanto
  • Petrus Joko Warkito

Keywords:

pembelajaran, sastra, suggestopedia, apresiasi puisi

Abstract

Pengajaran sastra di dunia pendidikan benar-benar masih mengkhawatirkan. Ketakutan ini ada dari opini dan hasil penelitian-penelitian yang menghasilkan temuan bahwa pembelajaran sastra belum memperoleh tujuan sesungguhnya sebab kurangnya ketertarikan serta kecakapan peserta didik dalam mengapresiasi sastra, utamanya puisi. Terdapat sebuah metode yang mampu membuat kecakapan apresiasi puisi meningkat ialah sugestopedia. Kajian ini berupaya untuk mengidentifikasi rencana, pelaksanaan, penskoran, dan usaha meningkatkan kecakapan mengapresiasi puisi berbasis metode sugesti oleh peserta didik kelas X SMK Negeri 6 Semarang. Dengan memanfaatkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kajian tersebut berupaya membahas hasil asesmen aspek kecakapan peserta didik dalam mengapresiasi, memahami, membaca, dan menulis puisi dalam proses belajar-mengajar. Hasil penelitian ialah tampak bahwa penerapan metode sugestopedia memberikan dampak berupa meningkatnya kecakapan peserta didik dalam mengapresiasi puisi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pra tindakan sampai siklus II. Kecakapan mengapresiasi, membaca, dan menulis puisi mengalami peningkatan dari tingkatan kurang berkembang ke tingkatan baik bahkan sangat baik pada siklus II, serta meningkatnya pula sikap positif peserta didik terhadap sastra.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hasisah, S. N. ., Wismanto, A. ., & Warkito, P. J. . (2023). 145. Efektifitas Pendekatan Sugestopedia Sebagai Upaya Peningkatan Kecakapan Apresiasi Puisi Bagi Peserta Didik Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1333–1342. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4086

Issue

Section

Prosiding 2023