301. The Use of Genre Based Approach and Instagram to Improve Students Ability in Writing Descriptive Text

Authors

  • Anidya Jihan Savira
  • Laily Nur Affini
  • Sulistyowati

Keywords:

Genre Based Writing, Instagram, Writing ability, Descriptive text

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif melalui Genre Based Approach berbantuan Instagram. Ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X Teknik Mesin 2 SMK N 4 Semarang. Data dikumpulkan dalam satu siklus melalui tes, observasi kelas, dan dokumentasi. Tes dilakukan dalam bentuk pre-test, post-test siklus I, dan post-test siklus II. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa siswa mengambil peran aktif dalam kegiatan belajar mereka. Kualitas tulisan mereka juga meningkat. Nilai rata-rata mereka meningkat dari 63 (Pretest), 74 (Siklus I), dan 80 (Siklus II). Kesimpulannya, penggunaan Genre Based Approach berbantuan Instagram efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Peneliti berharap bahwa penggunaan Genre Based Approach berbantuan Instagram mungkin dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris, khususnya dalam mengajar menulis teks deskriptif.

 

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Savira, A. J. ., Affini, L. N. . ., & Sulistyowati. (2023). 301. The Use of Genre Based Approach and Instagram to Improve Students Ability in Writing Descriptive Text. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2696–2704. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4005

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.