110. Improving Writing Skills of Personal Letter Through Problem Based Learning (PBL) Strategies Using Cue Card

Authors

  • Ainun Nisa Yuniar Universitas PGRI Semarang
  • Sulistyowati SMK N 4 Semarang
  • Laily Nur Affini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

menulis, personal letter, problem based learning, cue card

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks personal letter di kelas XI TE 3 SMK Negeri 4 Semarang semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai hasil penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) melalui media Cue Card. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik siklus yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri empat tahap : (1)perencanaan, (2)tindakan, (3)observasi dan (4)refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi hasil tes menulis, lembar rubrik penilaian, studi pustaka tentang peningkatan keterampilan, dan dokumentasi yang berupa foto-foto tentang kegiatan siswa pada setiap siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan teknik cue card dapat meningkatkan keterampilan menulis teks personal letter. Ketuntasan belajar mengalami peningkatan dari kondisi awal 13,8% menjadi 52,7% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,1% pada siklus II. Untuk nilai rata-rata mengalami peningkatan dari pra-siklus 49,78 menjadi 70 pada siklus I dan meningkat menjadi 78,05 pada siklus II.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Yuniar, A. N., Sulistyowati, & Affini, L. N. (2023). 110. Improving Writing Skills of Personal Letter Through Problem Based Learning (PBL) Strategies Using Cue Card. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1001–1011. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4027

Issue

Section

Prosiding 2023