123. Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentative Text dengan Menggunakan Media Blog pada Peserta Didik Kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 4 Semarang
Keywords:
Menulis, Teks Argumentatif, BlogAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan menulis teks argumentatif menggunakan media Blog. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Alur penelitian meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media Blog dapat meningkatkan kemampuan menulis teks argumentatif pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kondisi awal keterampilan siswa dari siklus I yang diketahui dari rata-rata pre-test pada pertemuan pertama hanya sebesar 37,9 sedangkan pada pertemuan kedua saat pemberian post-test 1, nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 70,9. Kemudian setelah dilakukan tindakan menggunakan media Blog pada siklus II nilai rata-rata naik menjadi 85.4. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebanyak 14.5 poin dari siklus I ke siklus II.