300. The Use of Project-Based Learning on Argumentative Text to Improve Writing Ability in XI Electro 1 SMKN 4 Semarang

Authors

  • Akhmad Zubaidi
  • Laily Nur Affini
  • Sulistyowati

Keywords:

Metode Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Menulis, Argumen, Teks Argumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran berbasis proyek efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya pada materi teks argumentatif. Metode pengajaran adalah metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Ini berisi berbagai teknik, prinsip, dan kegiatan yang dirancang untuk melibatkan peserta didik, meningkatkan pemahaman, dan mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Salah satu metode pengajarannya adalah Pembelajaran Berbasis Proyek. Pembelajaran Berbasis Proyek adalah metode pengajaran di mana siswa belajar dengan secara aktif terlibat dalam dunia nyata dan proyek yang bermakna secara pribadi. Metode ini diterapkan pada proses pembelajaran di SMKN 4 Semarang. Materi yang digunakan metode ini adalah teks argumentatif, yaitu untuk mengukur kemampuan menulis siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, metode Pembelajaran Berbasis Proyek efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal ini diketahui dari perbandingan nilai siswa sebelum dan sesudah diajar dengan Pembelajaran Berbasis Proyek.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Zubaidi, A. ., Affini, L. N. ., & Sulistyowati. (2023). 300. The Use of Project-Based Learning on Argumentative Text to Improve Writing Ability in XI Electro 1 SMKN 4 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2688–2695. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4004

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.