91. The Use of Genre Based Approach to Improve Students’ Writing Skill on Recount Text for Tenth Grader at State Vocational High School 4 Semarang in the Academic Year of 2022/2023
Keywords:
Menulis, Pendekatan Berbasis Genre, RecountAbstract
Penelitian ini mempelajari penggunaan Genre Based Approach untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada Teks Recount untuk siswa kelas X di SMK Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas rancangan Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pre-test sebelum menggunakan Genre Based Approach menunjukkan persentase sebesar 14,7% sedangkan skor rata-rata adalah 50,5. Setelah menggunakan Genre Based Approach, kemampuan menulis di SMKN 4 Semarang meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase keterampilan menulis siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentasenya adalah 50% sedangkan skor rata-ratanya adalah 70,4. Pada siklus II persentasenya adalah 91,1% sedangkan skor rata-ratanya adalah 84,9. Dari penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa Genre-Based Approach dalam menulis Recount Text dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Selain itu, Pendekatan Berbasis Genre juga dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris sebagai inovasi dalam pengajaran menulis.