91. The Use of Genre Based Approach to Improve Students’ Writing Skill on Recount Text for Tenth Grader at State Vocational High School 4 Semarang in the Academic Year of 2022/2023

Authors

  • Dinar Barki Kautsar Hervi
  • Laily Nur Affini
  • Sulistyowati

Keywords:

Menulis, Pendekatan Berbasis Genre, Recount

Abstract

Penelitian ini mempelajari penggunaan Genre Based Approach untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada Teks Recount untuk siswa kelas X di SMK Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas rancangan Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil pre-test sebelum menggunakan Genre Based Approach menunjukkan persentase sebesar 14,7% sedangkan skor rata-rata adalah 50,5. Setelah menggunakan Genre Based Approach, kemampuan menulis di SMKN 4 Semarang meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase keterampilan menulis siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentasenya adalah 50% sedangkan skor rata-ratanya adalah 70,4. Pada siklus II persentasenya adalah 91,1% sedangkan skor rata-ratanya adalah 84,9. Dari penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa Genre-Based Approach dalam menulis Recount Text dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Selain itu, Pendekatan Berbasis Genre juga dapat digunakan oleh guru bahasa Inggris sebagai inovasi dalam pengajaran menulis.

 

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hervi, D. B. K. ., Affini, L. N. ., & Sulistyowati. (2023). 91. The Use of Genre Based Approach to Improve Students’ Writing Skill on Recount Text for Tenth Grader at State Vocational High School 4 Semarang in the Academic Year of 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 821–836. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4029

Issue

Section

Prosiding 2023