138. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Teknik Pemodelan di Kelas X-6 SMA Negeri 2 Semarang

Authors

  • Fadhilla Berliannisa
  • Ahmad Ripai
  • Watini

Keywords:

puisi, teknik pemodelan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca puisi siswa kelas X-6 SMA N 2 Semarang melalui teknik pemodelan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA N 2 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 36 orang siswa. Objek atau sasaran yang diteliti dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca puisi dengan penerapan teknik pemodelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik pemodelan dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas X-6 SMA N 2 Semarang. Peningkatan tersebut dilihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dibandingkan dengan perolehan rata-rata sebelum diterapkannya teknik pemodelan. Sebelum penerapan teknik pemodelan di siklus I rata-rata nilai keterampilan membaca puisi siswa sebanyak 76, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85,6. Rata-rata ini meningkat sebesar 9,6%.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Berliannisa, F. ., Ripai, A. ., & Watini. (2023). 138. Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Teknik Pemodelan di Kelas X-6 SMA Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1270–1276. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4079

Issue

Section

Prosiding 2023