Media Canva dalam Meningkatkan Kreativitas Membuat Iklan, Slogan, Poster Kelas VIII A SMP N 36 Semarang

Authors

  • Ainun Nadliroh Universitas PGRI Semarang
  • Ahmad Ripai Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Canva, kreativitas, iklan, poster, slogan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik dengan memanfaatkan Canva dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi iklan, slogan, dan poster. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 36 Semarang dengan subyek penelitian peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kreativitas dan hasil belajar melalui penerapan media pembelajaran Canva pada peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 36 Semarang. Hal tersebut dibuktikan dari meningkatnya rata-rata kreativitas peserta didik dari kondisi awal atau pra siklus menunjukkan skor rata-rata sebesar 67,09% dengan kategori rendah menjadi 71,56% skor rata-rata dengan kategori sedang pada siklus I dan pada siklus II skor rata-rata sebesar 86,81% dengan kategori tinggi. Peningakatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai peserta didik hasil belajar pada kondisi awal 67 dengan 9 peserta didik (48%)mengalami peningkatan pada siklus 1 dengan rata-rata nilai siswa 72 dengan 15 siswa (66%) dan pada siklus 2 rata-rata nilai siswa adalah 86 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 29 atau (87%) siswa tuntas.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Nadliroh, A. ., & Ripai, A. . (2021). Media Canva dalam Meningkatkan Kreativitas Membuat Iklan, Slogan, Poster Kelas VIII A SMP N 36 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1–9. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4749

Issue

Section

Prosiding 2023