151. Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi di Kelas X 7 SMA Negeri 2 Semarang
Keywords:
Menulis, Pembelajaran Berbasis Proyek, PuisiAbstract
Penerapan model pembelajaran yang tepat dalam sebuah meteri menjadikan hal tersebut sebagai sebuah keberhasilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model project-based learning dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Jumlah subjek penelitian adalah 36 peserta didik di kelas X 7 SMA Negeri 2 Semarang. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dalam pembelajaran menulis puisi mendapatkan hasil yang baik. Peserta didik mendapatkan rata-rata nilai 82,39 dengan ketuntasan klasikal 86,19%. Ketuntasan klasikal yang didapatkan peserta didik sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 80%.