151. Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi di Kelas X 7 SMA Negeri 2 Semarang

Authors

  • Nuuril Ilma
  • Ahmad Ripai
  • Watini

Keywords:

Menulis, Pembelajaran Berbasis Proyek, Puisi

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang tepat dalam sebuah meteri menjadikan hal tersebut sebagai sebuah keberhasilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model project-based learning dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Jumlah subjek penelitian adalah 36 peserta didik di kelas X 7 SMA Negeri 2 Semarang. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dalam pembelajaran menulis puisi mendapatkan hasil yang baik. Peserta didik mendapatkan rata-rata nilai 82,39 dengan ketuntasan klasikal 86,19%. Ketuntasan klasikal yang didapatkan peserta didik sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 80%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Ilma, N. ., Ripai, A. ., & Watini. (2023). 151. Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi di Kelas X 7 SMA Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1387–1393. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4092

Issue

Section

Prosiding 2023