140. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas X-8 SMA Negeri 2 Semarang

Authors

  • Luqman Nur Riza
  • Ahmad Ripai
  • Watini

Keywords:

berdiferensiasi, menulis, puisi

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan, kemampuan, dan karakteristik yang berbea-beda. Pembelajaran berdiferensiasi bertujuan memenuhi kebutuhan serta keleluasaan kepada peserta didik untuk meningkatkan potensi siswa dalam belajar. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan pada aspek konten, proses, produk, dan lingkungan. Dalam penelitian ini, hanya diferensiasi proses yang diterapkan, karena memiliki tujuan yang sama. Dalam penelitian ini, pembelajaran berdiferensiasi diterapkan pada pembelajaran menulis puisi, karena ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran menulis puisi, seperti kesulitan menentukan tema, menyusun kata-kata indah, kurangnya waktu untuk membuat puisi, dll. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi 2 siklus dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas. Hal ini terlihat dari hasil pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa nilai tertinggi adalah 93 dan terendah 73 dengan rata-rata kelas adalah 84,9. Peserta didik yang sudah dapat mencapai target adalah 94,44% dan yang belum mencapai target 5,56%. Hal ini menunjukkan peningkatan yang drastis, dari 58,33% pada siklus I naik menjadi 94,44% pada siklus II, maka terjadi peningkatan 36,11%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada kelas X-8 SMA N 2 Semarang.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Riza, L. N. ., Ripai, A. ., & Watini. (2023). 140. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas X-8 SMA Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1286–1295. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4081

Issue

Section

Prosiding 2023