143. Penerapan Metode Outdoor Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Kelas X-5 SMA Negeri 2 Semarang

Authors

  • Rayhanun Fadilla
  • Ahmad Ripai
  • Watini

Keywords:

Metode pembelajaran, outdoor learning, menulis

Abstract

Penelitian ini dengan tujuan dapat mengetahui peningkatan kerampilan menulis peserta didik dengan menggunakan metode outdoor learning. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan tes. Selanjutnya instrument penelitian menggunakan tes obyektif, dengan teknik analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman dengan tiga metode, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (menarik kesimpulan), serta dengan rumus yang ditetapkan Zainal Aqib. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X 5 SMA Negeri 2 Semarang dengan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian mendapat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86% tergolong sangat tinggi. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar klasikal pada siklus II sudah mencapai kriteria ketuntasan hasil belajar menurut Zainal Aqib yaitu 80% dengan kata lain hasil belajar sudah mencapai nilai KKM yang telah dibuat oleh sekolah dan penerapan metode outdoor learning pada keterampilan menulis mengalami peningkatan.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Fadilla, R. ., Ripai, A. ., & Watini. (2023). 143. Penerapan Metode Outdoor Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Kelas X-5 SMA Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1317–1326. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4084

Issue

Section

Prosiding 2023