Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkam Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pertahanan Dan Keamanan Negara Di Kelas X-2 SMA Negeri 5 Semarang
Keywords:
model pembelajaran, role playing, belajarAbstract
Menurunnya hasil belajar peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 5 Semarang, yang disebabkan karena proses pembelajaran hanya menggunakan model konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pertahanan dan keamanan Negara di kelas X-2 SMA Negeri 5 Semarang. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini yaitu terdapat peningkatan persentase peserta didik yang memperoleh nilai tuntas pada siklus I dan siklus II, pembelajaran siklus I persentase peserta didik yang mendapatkan nilai tuntas yaitu 44,4%, sedangkan pada siklus II 91,67% atau 91,7%. Kesimpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik.
References
Garaika, & Darmanah. (2019). Metodologi penelitian. Lampung: CV. Hira Tech.
Hardani, Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.
Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 11–22.
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, Mulasi, S., Warlizasusi, J., Hurit, R. U., Harizahayu, Arianto, D., Wahab, A., Romdloni, Aini, A. N., & Bawa, I. D. G. A. R. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: Penerbit Adab.
Nilayuniarti, N. P., & Putra, S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 445–456.
Paudi, Z. I. (2020). Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 111–120.
Prasetiyo, T. H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabat Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(1), 139–156.
Putri, N. P. W. P., Adar, M. A. S. Y., Solaifati, E., & Astitin, D. Y. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Kaba-Kaba. Jurnal Prospek 1, 1(1), 70–74.
Rachman, F., Nurgiansyah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970–2984.
Rawung, J. J., & Merentek, R. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 60–64.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Medan: Penerbit KBM Indonesia.
Tambunan, F. F. Y., Siahaan, T. M., & Sirait, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN 091287 Panei Tongah. Jurnal Sains Student Research, 1(2), 1–13.
Widianto, E., Shafia, A. B., Sari, M. A., Maula, N. M. N., Salsabila, N. R., & Hidayat, T. (2021). Peran Pembelajaran Daring bagi Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 24–30.