PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI SMA N 9 SEMARANG

Authors

  • Amar Setiadi Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Sudrajat Universitas PGRI Semarang
  • Rizki Wiratama SMA N 9 SEMARANG

Keywords:

Hasil Belajar, Mind Mapping, Pendidikan Pancasila

Abstract

Kurangnya kreatifitas dalam pengembangan model pembelajaran, menyebabkan adanya penurunan hasil belajar peserta didik, hal tersebut disebabkan peserta didik merasa jenuh, membosankan,dan tidak bersemangat. Apabila kondisi tersebut terus terjadi maka akan berdampak besar bagi dunia pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut dibutuhkan adanya inovasi model pembelajaran yang kreatif, menyenangkan dan menarik, sehingga peserta didik termotivasi dan bersemangat dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang dikembangkan adalah penerapan model pembelajaran m&m (mind mapping) dalam materi Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan terhadap Ideologi Pancasila dan NKRI pada peserta didik kelas XI -8 SMA N 9 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan berbagai aktivitas yang dikemas dengan menyenangkan dan menarik, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar terutama dalam materi Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan terhadap Ideologi Pancasila dan NKRI. Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksakan dua siklus pemebalajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus atau 2 kali pertemuan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan terhadap Ideologi Pancasila dan NKRI . Hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat dalam pengembangan model pembelajaran terutama menjadi alternatif yang efektif dalam peningkatan hasil belajar peserta didik serta dapat mengembangkan ketrampilan, kreatifitas, berfikir kritis dan bergotong royong. Penelitan ini memberikan manfaat bagi sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen sekolah, dengan adanya pembelajaran mind mapping dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, interaktif dan mendukung pengembangan karkater serta meningkatkan pemahaman belajar.

References

Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis kemampuan awal 21st century skills mahasiswa calon guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142-158.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.

Utami, A. F., Masrukan, M., & Arifudin, R. (2014). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran model taba berbantuan Geometer’s Sketchpad. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 5(1), 63-72.

Windura S.2013.Ist Mind Map Untuk Siswa,Guru dan Orang Tua.Jakarta:Elex Media Kompetindo.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Setiadi, A., Sudrajat, R., & Wiratama, R. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS XI SMA N 9 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 48–55. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6292

Issue

Section

Pendidikan Kewarganegaraan

Most read articles by the same author(s)