PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 5 SEMARANG

Authors

  • Indah Susilowati Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Sudrajat Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Teaching at The Right Level, Learning Outcomes

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari pembelajaran, karena pembelajaran berkualitas dan mengoptimalkan hasil belajar siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada kualitas pendidikan. Tingkat kemampuan dan kebutuhan belajar peserta didik dalam satu kelas berbeda-beda. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan untuk mengikuti pembelajaran dengan baik, terutama bagi siswa yang memiliki kemampuan belajar yang lebih rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL).

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama yakni tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Dari grafik perbandingan hasil belajar peserta didik dalam siklus 1 dan 2, dapat diamati bahwa semua aspek mengalami peningkatan. Rata-rata nilai secara klasikal naik dari 70 pada siklus 1 menjadi 91 pada siklus 2. Kenaikan rata-rata ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang direncanakan berhasil membuat hasil belajar dan pemahaman siswa meningkat dari yang belum tuntas kriteria ketuntasan minimal menjadi tuntas kriteria ketuntasan minimal. Jumlah peserta didik yang telah mampu tuntas kriteria ketuntasan minimal juga mengalami peningkatan. Persentase ketuntasan minimal pada siklus 2 telah mencapai sebesar 100%.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, dkk. 2015. Desain Laboratorium Skala Mini Untuk Pembelajaran Sains Terpadu. Yogyakarta. Deepublish.

Graham, C. R., Henrie, C. R., & Gibbons, A. S. 2014. Developing Models and Theory For Blended Learning Research. Blended learning: Research perspectives, 2, 13-33.

Hadiawati, dkk. 2024. Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 1 No 4.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovativ-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CL

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Susilowati, I. ., & Sudrajat, R. . (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 5 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 98–106. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6166

Issue

Section

Pendidikan Kewarganegaraan

Most read articles by the same author(s)