Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quiziz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Eliyani Nur khofifah Universitas PGRI Semarang
  • Rahmat Sudrajat Universitas PGRI Semarang
  • Rizki Wiratama Karim SMA Negeri 9 Semarang

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, , Aplikasi Quiziz, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  motivasi belajar  peserta  didik  melalui media pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz.  Jenis  penelitian  yang  dilakukan  oleh  peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan  refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 9 Semarang sebanyak 36 peserta didik. Instrumen yang  digunakan  dalam  mengumpulkan  data  terdiri  lembar  observasi  aktivitas  guru  dan  peserta  didik serta soal quiziz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini  dapat  dilihat  dari  hasil  belajar  peserta  didik  pada  pra  siklus  diperoleh persentase rata-rata  hasil belajar  peserta  59,92%  kemudian  pada  siklus  1  hasil  belajar  peserta  didik  meningkat  sebesar 10,47% dengan persentase sebesar 70,39% dan  pada siklus 2 persentase rata-rata  hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 11,03% dengan persentase rata-rata  81,42%. Dengan demikian, dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

References

A.M, Sardiman. (2014). “Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Agung, S., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 238-245.

Asna Tiana, A. D. S. K. Dan M. S. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 6.

Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta selatan : Referensi (GP Press Group ).

Jati, D. H. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Pembelajaran Online Berbasis Quizizz. Mitra Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(5), 603-612.

Kartika, F. (2020). Analisis Media Pembelajaran Berbasis Internet (Quizizz) Dalam Pembelajaran Akuntansi. UMSU. Medan.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Petik, 6(1), 18–26.

Panggabean, C. P., & Sinambela, P. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta RA Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 5(4), 13899-13906.

Ramadhani, S. A., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 937-944.

Saluky. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web dengan Menggunakan Wordpress. EduMa, 5 (1):80- 90.

Surjono, Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Suryadiana, D. (2018). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalipucang Ciamis. Jurnal Pendidikan Islam WALISONGO, 21(2), 221-234.

Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Nur khofifah, E., Sudrajat, R., & Karim, R. W. . (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quiziz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 70–77. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6223

Issue

Section

Pendidikan Kewarganegaraan

Most read articles by the same author(s)