Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quiziz Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Kelas X SMA Negeri 9 Semarang
Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, , Aplikasi Quiziz, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui media pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 9 Semarang sebanyak 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data terdiri lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta soal quiziz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada pra siklus diperoleh persentase rata-rata hasil belajar peserta 59,92% kemudian pada siklus 1 hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 10,47% dengan persentase sebesar 70,39% dan pada siklus 2 persentase rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan sebesar 11,03% dengan persentase rata-rata 81,42%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
References
A.M, Sardiman. (2014). “Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Agung, S., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(2), 238-245.
Asna Tiana, A. D. S. K. Dan M. S. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 6.
Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta selatan : Referensi (GP Press Group ).
Jati, D. H. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Pembelajaran Online Berbasis Quizizz. Mitra Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(5), 603-612.
Kartika, F. (2020). Analisis Media Pembelajaran Berbasis Internet (Quizizz) Dalam Pembelajaran Akuntansi. UMSU. Medan.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Lestari, A., Suryadi, A., & Ismail, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Petik, 6(1), 18–26.
Panggabean, C. P., & Sinambela, P. N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta RA Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 5(4), 13899-13906.
Ramadhani, S. A., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 937-944.
Saluky. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web dengan Menggunakan Wordpress. EduMa, 5 (1):80- 90.
Surjono, Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Suryadiana, D. (2018). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kalipucang Ciamis. Jurnal Pendidikan Islam WALISONGO, 21(2), 221-234.
Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara.