Penerapan Model Pendekatan TaRL Terhadapa Hasil Pembelejaran Ketrampilan Dasar Passing Bawah Bola Voli Di SMK Negeri 5 Semarang

Authors

  • Berkah Nur Hidayat Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang
  • Erria Soedjadianto

Keywords:

Pendekatan TARL, Hasil belajar siswa, Kemampuan berpikir kritis, Passing Bawah Bola Voli, Pendidikan jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode pendekatan TaRL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK di SMK NGERI 5 SMARANG. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 5 Semarang materi Passing Bawah Bola Voli, terdapat 19 siswa yang tuntas dengan presentase 53% dan 17 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 47%. Penelitian Tindakan Kelas ini telah dilakukan pada siswa kelas X  dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa efektif penggunaan TaRL  terhadap hasil pembelajaran psikomotor Passing Bawah Bola Voli. Setelah pengambilan data observasi, diberikan perlakuan berupa TaRL dan didapat kesimpulan bahwa analisis data  psikomotor keterampilan lompat jangkit siswa, pada siklus I terdapat 28 siswa yang tuntas dengan presentase 78% dan 8 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 22%. Sedangkan pada siklus II terdapat 31 siswa yang tuntas dengan presentase 86% dan 5 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 14%. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa ketika guru menerapkan TaRL pada proses pembelajaran, keteramilan psikomotor pada Passing Bawah Bola Voli meningkat. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan TaRL dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan keterampilan psikomotor siswa.

References

Agustina, N. W., Saputra, Y. M., & Akin, Y. (2023). Pegaruh Latihan Pendekatan Bermain Terhadap Peningkatan Ketrampilan Pasing Bawah Dalam Permainan Bola Voli. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 273-283.

Kahar, I., Hairati, M., Ahmad, A., & Hakim, N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Smash Bola Voli Melalui Pendekatan Gaya Mengajar Latihan Power Lengan. JURNAL STAMINA, 5(6), 224- 232.

Prasetyo, E., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III SDN Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Peto, J. (2022). Melalui Model Teaching At Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris KD. 3.4/4.4 Materi Narrative Text di Kelas X. IPK. 3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419-12433.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Syaleh, M. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Media Pembelajaran Lempar Pukul Bola Kertas Pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Prestasi, 1(1), 23-30.

Saputra, D. I. M., & Gusniar, G. (2019). Meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui bermain melempar bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 64-73.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Berkah Nur Hidayat, Endang Wuryandini, Maftukin Hudah, & Erria Soedjadianto. (2025). Penerapan Model Pendekatan TaRL Terhadapa Hasil Pembelejaran Ketrampilan Dasar Passing Bawah Bola Voli Di SMK Negeri 5 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010147. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6987

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.