PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN MEDIA FLASHCARD
Keywords:
Flash Card, Problem based learningAbstract
Tulisan yang menjelaskan suatu peristiwa alam atau proses peristiwa disebut teks eksplanasi. Tujuan teks eksplanasi adalah untuk memberikan pemahaman tentang kegiatan atau proses pembentukan yang berkaitan dengan peristiwa alam, sosial, budaya, atau ilmu pengetahuan. Media Kartu Flash mempunyai kelebihan yaitu menyenangkan, nyaman, dan mudah dibawa kemana saja. Pada penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang dilakukan untuk menerapkan pemanfaatan media Flashcard dalam menulis dan membuat teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI D2 SMA N 11 Semarang. Dalam pelaksanaan penelitian tidakan kelas, dibagi menjadi tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus guru akan memberikan tugas kepada peserta didik untuk menulis teks eksplanasi dengan topik yang dibebaskan, masing-masing peserta didik boleh memilih peristiwa alam apa yang akan dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi tanpa bantuan apapun dari guru. Pada siklus I, guru menilai lagi terkait hasil yang akan dibuat oleh peserta didik berdasarkan LKPD yang ada yaitu menulis teks eksplanasi sesuai struktur dan kaidah kebahasaan. Pada siklus II guru meminta peserta didik menulis teks eksplanasi mengggunakan media flashcard. Observasi dan tes digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini. Dengan menggunakan observasi, seseorang dapat langsung menyaksikan pembelajaran tentang bagaimana kartu Flash digunakan di kelas. Secara bersamaan, teknik tes teks eksplanasi untuk mengukur kemampuan peserta didik sebelum dan setelah mengimplementasikan tindakan strategi model pembelajaran problem based learning menggunakan media flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memaparkan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan media flashcard pada peserta didik kelas XI D2 di SMA N 11 Semarang.
References
Arindy, D., Sholeh, K., & Setyorini, N. (2018). Keefektifan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Xi Man 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2017/2018. Surya Bahtera, 6(55)
Artajaya, G. S., Yarsama, K., & Astawan, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Bantuan Media Video untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 44-56.
Hizati, A., Syahrul, R., & Arief, E. (2018). Pengaruh model problem based learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas viii smp negeri 12 padang. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia, 7(1), 183-190.
Kosasih, Engkos. (2014). Jenis-Jenis Teks, Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1, (2), hlm. 1-13
Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
Urahmah, N. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).