Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Problem Based Learning Kelas Vc SDN Bugangan 03 Semarang

Authors

  • Gusfan Ristiyanto Universits PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universits PGRI Semarang
  • Frederica Yudina Numareta Universits PGRI Semarang
  • Tri Floreda Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAS, Sifat-sifat Cahaya, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) khususnya pada materi mengenai sifat-sifat cahaya menggunakan pendekatan problem based learning (PBL) di kelas V C SDN Bugangan 03 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 28 siswa kelas V C sebagai subjek penelitian. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Pada siklus pertama, penelitian dimulai dengan pengumpulan data awal berupa pretes untuk mengukur pemahaman awal peserta didik tentang materi sifat-sifat cahaya. Kemudian, pembelajaran dilakukan menggunakan model PBL, yang melibatkan peserta didik dalam memecahkan masalah yang terkait dengan sifat-sifat cahaya. Setelah itu, dilakukan evaluasi formatif untuk menilai kemajuan belajar peserta didik dalam siklus pertama. Hasil siklus pertama menunjukkan banyak peserta didik yang belum mencapai nilai ketuntasan sehingga pemahaman peserta didik tentang materi sifat-sifat cahaya. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan ke siklus kedua dengan melakukan penyesuaian dan perbaikan terhadap pelaksanaan PBL hanya 28,5% peserta didik yang mendapat nilai tuntas. Pada siklus kedua, pelaksanaan PBL diperbaiki dengan memperhatikan masukan dari siklus pertama. Hsil belajar peserta didik dibandingkan dengan siklus pertama hanya sebesar 42,85%. Namun pada siklus kedua masih belum mencapai target ketuntasan sebesar 80% sehingga perlu dilanjutkan pada siklus ketiga. Hasil siklus ketiga menunjukkan sebanyak 25 peserta didik mampu mendapatkan nilai tuntas atau sebesar 89% sehingga telah mencapai target yang telah ditetapkan oleh peneliti. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas tersebut telah berhasil.

References

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Harun, S. (2022, January). Pembelajaran di era 5.0.

Lestari, E. A., & Nuryanti, Nuryanti. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3689–3694.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika.

Noveni, N. A. (2021). FAKTOR PENDUKUNG DAN FAKTOR PENGHAMBAT PTK. PENELITIAN TINDAKAN KELAS: TEORI DAN PENERAPANNYA.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.

Zagoto, M. M., & Oskah, D. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 157–170.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Gusfan Ristiyanto, Endang Wuryandini, Frederica Yudina Numareta, & Tri Floreda. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Problem Based Learning Kelas Vc SDN Bugangan 03 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2255–2259. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5377

Issue

Section

Prosiding 2023