Peningkatan Komunikasi Interpersonal melalui Bimbingan Klasikal menggunakan Media Jigsaw Puzzle pada Peserta Didik Kelas X TE 3 SMK Negeri 4 Semarang

Authors

  • Indah Tasdiqul Amelia Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Juliejantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Hartoto Sutopo SMK Negeri 4 Semarang

Keywords:

komunikasi interpersonal, bimbingan klasikal, jigsaw puzzle, peserta didik SMK

Abstract

Keterampilan komunikasi interpersonal akan selalu ada dan terjadi di dalam kehidupan tak terkecuali pada lingkungan pendidikan, karena dapat mempengaruhi proses perkembangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal melalui bimbingan klasikal menggunakan media jigsaw puzzle pada peserta didik kelas X TE 3 di SMK N 4 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang digunakan untuk memahami, meningkatkan, atau mengembangkan berbagai aspek dalam bidang bimbingan dan konseling. Proses penilaian terhadap subjek dilakukan pada tahap sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan atau biasa disebut dengan pre-test dan post-test. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pengkategorian tingkat komunikasi interpersonal serta deskriptif komparatif. Sebelum intervensi layanan atau pada tahap pre-test peserta didik berada pada kategori “cukup” yaitu sebanyak 19 peserta didik atau sebesar 53%. Setelah diberi tindakan siklus I atau post-test I, tingkat kategori komunikasi interpersonal peserta didik berada pada tingkat “baik” yaitu yang awalnya hanya 8 peserta didik atau 22% meningkat menjadi 14 peserta didik atau 39%. Sedangkan hasil post-test pada siklus II tingkat kategori peserta didik masih berada di kategori “baik” namun mengalami peningkatan menjadi 19 peserta didik atau sebesar 53%. Peningkatan yang terjadi menunjukkan bahwa dengan pemberian layanan bimbingan klasikal menggunakan media jigsaw puzzle mampu meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik.

References

Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nusa Indah Desa Gumulsari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32-45.

Chen, M. F., & Chun C. T. (2022). The Effectiveness of a Thanks, Sorry, Love, and, Farewell Board Game in Older People in Taiwan: A Quasi-Experimental Study. International Journal of Environmental Research and Public Health.

Devito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book. Boston:

Nisak, R. (2011). Lebih dari 50 Game Kreatif Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rineka Cipta Cahyo.

Pearson. Gysbers, N. C., & Henderson,

P. (2016). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program Fourth Edition. Alexandria: American Counseling Assosiation.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu- ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.

Suparmin, M. (2012). Makna Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Spirit, 10(2), 28-68.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Amelia, I. T., Juliejantiningsih, Y., & Sutopo, H. (2024). Peningkatan Komunikasi Interpersonal melalui Bimbingan Klasikal menggunakan Media Jigsaw Puzzle pada Peserta Didik Kelas X TE 3 SMK Negeri 4 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 83–87. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5887

Issue

Section

Bimbingan dan Konseling