Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Pada Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 3 Semarang Tahun 2024/2025

Authors

  • Dini Rahmawati Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • Nur Subagio Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, bola voli, Teaching at The Right Level (TaRL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar Teknik passing dalam permainan bola voli melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada siswa kelas X.7 SMAN 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X.7 SMAN 3 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar passing bola voli setelah diterapkannya pendekatan TaRL. Pada siklus pertama, Tingkat ketuntasan belajar mencapai 70%, dan meningkat menjadi 86,1% pada siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Teaching at The Right Level dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar teknik passing bola voli pada siswa kelas X.7 SMAN3 Semarang.

References

Rahman, Aulia (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Bola Basket melalui Metode Pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL) pada Siswa Kelas X-3 SM P N 3 Jombang Tahun pelajaran 2022-2023. Journal on Education Volume 06, No. 01, September-Desember 2023, pp. 2036-2043 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365.

Subekti, Mauli Ardian. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Pada Siswa kelas VII smp Negeri 1 Kartasura. Artikel Penelitian Tindakan Kelas. 1-26

Wulandari, A.S (2022). Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA. Volume 12. Nomor 3, September 2022 | ISSN: 2088-0294 | e-ISSN: 2621-9166 https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyo, S. (2012). Pelatihan Teknik Dasar Bola Voli. Bandung: CV Maulana Media Grafika.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharno. (2016). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). Mainstreaming an Effective Intervention: Evidence from Randomized Evaluations of "Teaching at the Right Level" in India. National Bureau of Economic Research.

Cilliers, J., Fleisch, B., Prinsloo, C., & Taylor, S. (2020). How to Improve Teaching Practice? An Experimental Comparison of Centralized Training and In-Classroom Coaching. Journal of Human Resources, 55(3), 926–962.

Rohmah, N., & Hartati, S. (2022). Implementasi Model TaRL dalam Pembelajaran PJOK untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 112–121.

Slavin, R. E. (2009). Educational Psychology: Theory and Practice (9th ed.). Boston: Pearson Education.

Gentile, A. M. (2000). Skill acquisition: Action, movement, and neuromotor processes. In J. H. Carr & R. B. Shepherd (Eds.), Movement science: Foundations for physical therapy in rehabilitation (2nd ed., pp. 111–187). Elsevier.

Piaget, J. (1972). The psychology of the child. Basic Books.

Schmidt, R. A., & Lee, T. D. (2011). Motor control and learning: A behavioral emphasis (5th ed.). Human Kinetics.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2006). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults (6th ed.). McGraw-Hill.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (11th ed.). McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi ed.). Rineka Cipta.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Dini Rahmawati, Widiyatmoko, F. A., & Subagio, N. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Pada Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 3 Semarang Tahun 2024/2025. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 2503010167. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7191

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.