Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA

Authors

  • Yunita Lema

Keywords:

Hasil belajar, keaktifan, pendekatan pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan berdiferensiasi pada mata pelajaran biologi pokok bahasan sel untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang diawali dengan prasiklus dan dibagi menjadi 2 siklus, setiap siklus menggunakan format lesson study yakni melalui perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, refleksi dan rencana tindak lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan berdiferensiasi dengan mengedepankan 3 unsur yakni visual, auditori dan kinestetik secara holistik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa di kelas XI.3 SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Adapun hasil penelitian yakni pada kegiatan pra siklus hasil asesmen diagnostik didapatkan 4 siswa (13,0%) yang tuntas dan 27 siswa (87,0%) belum tuntas dengan tingkat keaktifan rendah sebesar 53,22%. Sedangkan pada hasil belajar atau tes formatif pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dimana 14 siswa (45,2%) tuntas dan 17 siswa (54,8%) belum tuntas dengan tingkat keaktifan tinggi sebesar 77,43%. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu 30 siswa (96,8%) tuntas dan 1 siswa (3,2%) belum tuntas dengan tingkat keaktifan sangat tinggi sebesar 99,4%. Sehingga pembelajaran dengan pendekatan berdiferensiasi sangat berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa.

References

Anas Sudijono, (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press

Nazilatun, And Heru Purnomo. 2023. “Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pgsd Fkip Universitas Mandiri 09(03).

Ningsih, Artya. 2018. “Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di Sman 2 Gunung Sahilan.” 6(2): 162.

Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, And Syofiyah Hasna. 2022. “Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka.” 6: 8839–48.

Riyanti, Fira, And Ade Rustiana. 2019. “Pengaruh Gaya Belajar, Kesiapan Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keaktifan Belajar.” Economic Education Analysis Journal 7(3): 1083–99.

Saputra, Billy Adam Kusuma Adi, Akil, And Muhamad Taufik Bintang Kejora. 2021. “Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3): 5840–47.

Steviana, Astiara, Maison, Dwi Agus Kurniawan, And Azfin Gustria. 2022. “Analisis Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X Ipa Sman 11 Muaro Jambi.” 32.

Suwartiningsih. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas Ixb Semester Genap Smpn 4 Monta Tahun Pelajaran 2020 / 2021.” 1(2).

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara

Wahyuni, Ayu Sri. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Ipa.” Jurnal Pendidikan Mipa 12(2): 118–26.

Wibowo, Nugroho. 2016. “Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari.” Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education) 1(2): 128–39.

Wulandari, Ade Sintia. 2022. “Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman.” Jurnal Pendidikan Mipa 12(3): 688.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lema, Y. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3977–3990. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5734

Issue

Section

Prosiding 2023