IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SEMARANG SMPN 6 SEMARANG
Keywords:
Implementasi, Project based learning, culturally Responsive teaching, Meningkatkan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 pada materi wawasan nusantara melalui penerapan model pembelajaran Project based learning melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data dilakukan melalui dua teknik yaitu kualitatif dan kuantitatif (menggunakan rumus statistik sederhana). Hasil analisis data pada penelitian ini disajikan secara formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar peserta didik yaitu 58,82%dengan nilai rata-rata 84,70. Persentase ketuntasan belajar tersebut mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 88,23% dan nilai rata-rata 92,70. Selain itu, hasil data nontes menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Project based learning melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat terlaksana dengan baik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi Wawasan Nusantara dengan menerapkan mode Project based learning melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching mengalami peningkatan yang signifikan.
References
Afriana, J. (2015). Project based learning, Makalah untuk memenuhi tugas mata kuliah pembelajaran IPA Terpadu. Bandung: Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana UPI Bandung.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Buku Siswa_ “PENDIDIKAN PANCASILA”_Oleh : Tudi Setiawan, Tia Setiawati,
Muhammad Sapei, Prayogo_ SMP/MTs KELAS VIII Tahun 2023.
Dimyati dan Mudjiono, “Belajar Dan Pembelajaran”, (Jakarta: Rineka Cipta: 2015), hlm. 76 Iskandar, Penelitian Tindakan Kelas, Ciputat: Gaung Persada Press, 2009.
J. R.Raco, MetodePenelitian Kualitati f Jenis,Karakteristik,dan Keunggulannya, Jakarta: PT
Grasindo, 2010.
Jati, D. H. P., & Mediatati, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Aplikasi Quizizz. Journal of Education Action Research, 6(3), 383-389.
Khalisah, H., Firmansyah, R., Munandar, K., & Kuntoyono, K. (2024). Penerapan PjBL (Project based learning) dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi Kelas X-7 SMA Negeri 5 Jember. Jurnal Biologi, 1(4), 1-9.
Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (2023). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching (crt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1121-11