293. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Kolb dalam Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Materi Peluang Kelas X SMA Negeri 6 Semarang
Keywords:
Berdiferensiasi, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Aktivitas BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, di mana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui proses siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Semarang, waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah Peserta didik di kelas X-K SMA Negeri 6 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Kolb dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada siklus pertama dengan rata-rata 68,78 menjadi 80 pada siklus kedua dan menjadi 86,11 pada siklus ketiga. Persentase ketuntasan pada siklus pertama adalah 41,67% menjadi 66,67% pada siklus kedua dan menjadi 86,11% pada siklus ketiga, 2) meningkatkan aktivitas pembelajaran pada siklus pertama dengan rata-rata 60,11 menjadi 69,42 pada siklus kedua dan menjadi 81,08 pada siklus ketiga. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Kolb dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas belajar Peserta didik di SMA Negeri 6 Semarang.