Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodoks pada Siswa Kelas XI DPIB 2 SMK N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025
Keywords:
, teaching at the right level, Tolak Peluru, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Gianto,2025 “Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru Gaya Ortodoks pada Siswa Kelas XI DPIB 2 SMK N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025”, Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keterampilan siswa dalam mempraktikan tolak peluru gaya ortodoks pada pembelajaran PJOK. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana keefektifan pendekatan TaRL dalam pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks dalam pembelajaran PJOK . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan siswa setelah diterapkannya pendekatan TaRL dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan 2 siklus tindakan, setiap siklus dilakukan 1 kali pertemuan yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes praktik tolak peluru gaya ortodoks. Berdasarkan hasil selama proses pembelajaran pada siklus I, diperoleh data hasil penilaian keterampilan sebanyak 21 siswa (63%) telah mencapai Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 12 siswa (37%) belum mencapai KKM, Pada siklus II, diperoleh data 30 siswa (90,9%) telah mencapai KKM dan 3 siswa (9,1%) belum mencapai KKM. Berdasarkan penelitian pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks efektif untuk meningkatkan keterampilan Siswa.
References
Arikunto, suharsimi dkk. 2006. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Dipdiknas. (2007). Naskah Akademik Pendidikan Jasani Olahraga dan Kesehatan.Jakarta. BPP
Pusat Kurikulum.
Djumindar, Mochamad. (2014). Gerakan-gerakan Dasar Atletik Dalam Bermain.
Jakarta : Grafindo Persada.
Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: Kaaffah Learning Center.
Fadjarajani et al. Metodologi Penelitian, Pendekatan Multidisipliner. Gorontalo: Ideas Publishing.
Ismail. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Materi Tolak Peluru Menggunakan Media Modifikasi
Peluru dari Bola Plastik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 682-686.