Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV

Authors

  • Sigit Miftachul Choir Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Maryati SD Negeri Pandeanlamper 03

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Canva

Abstract

Seiring perkembangan teknologi di era industri 4.0 memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran mulai diarahkan menuju penggunaan media pembelajaran yang mampu menarik minat belajar peserta didik. Khususnya pembelajaran matematika di SD. Belajar matematika terkenal dengan istilah pelajaran yang sulit, membosankan, dan monoton. Bahkan peserta didik di tingkatan SD kurang tertarik dengan pelajaran ini. Hal tersebut terlihat dari hasil belajar matematika yang tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media canva dapat memenuhi KKTP atau tidak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental Design dengan bentuk desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Potstest Design. Lokasi penelitian ini yaitu SDN Pandeanlamper 03 dengan jumlah sampel sebanyak 28 peserta didik di kelas IV. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test yang menunjukkan Sig. 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan pengambilan keputusan dalam uji Paired Sample T Test dapat di simpulkan bahwa H0  di tolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan menggunakan model pembelajaran PBL berbantuan media canva.

References

Faridah Hayati, T. U. (2020). Analisis Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 8–15.

Husnindar, & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 127–134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/issue/view/12

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 2. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716

Mi’rojunisa Azzahra, D., Yusepa, B., Putra, G., Rahman, T., & Pasundan, U. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sma Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Canva. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1), 146–158. https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.9385

Najoan, R. A. ., Tahiru, Y. S., Kumolontang, D. F., & Tuerah, R. M. (2023). Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1268–1278. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5005

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416

Ramdayani, F. S., Amran, M., & Risnawati. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lks Berpendekatan. Global Journal Teaching Professional, 2(November), 1023–1037.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306

Siregar, A., Sitorus, M., & Reflina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 286–289. https://yana.web.id/index.php/relevan

Sumartiwi, N. M., & Ujianti, P. R. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47626

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Yulifa, E., Pramasdyahsari, A., Suneki, S., & Sijamtini, N. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 3220–3229.

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Miftachul Choir, S., Dwijayanti, I., & Maryati. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 67–74. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6366

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)