Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Picture and Picture pada Materi Pengukuran Satuan Tak Baku Kelas I
Keywords:
picture and picture, peningkatan, pengukuran satuan tak bakuAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 1 SD Supriyadi 2 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 pada materi pengukuran satuan tak baku melalui penerapan model pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data dilakukan melalui teknik kualitatif. Tujuan diterapkannya metode Picture and picture adalah untuk mengetahui rencana dan pelaksanaan pembelajaran, peningkatan aktivitas siswa, serta peningkatan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif dan psikomotor. Penerapan metode Picture and picture ini pada siklus II mampu meningkatkan hasil prestasi belajar siswa sehingga dapat mencapai target yaitu 100%. Kemudian mampu meningkatkan aktivitas siswa hingga melampaui target yaitu 89,7%. Hasil belajar siswa meningkat melampaui target yaitu 92% baik dari aspek kognitif maupun aspek unjuk kerja keterampilan pengukuran satuan tak baku. Selain itu, hasil data nontes menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model picture and picture dapat terlaksana dengan baik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi pengukuran satuan tak bakudengan menerapkan mode pembelajaran Picture and picture mengalami peningkatan yang signifikan.
References
Aden Arif Gaffar, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran IPA”, Jurnal Bio Educatio. 3, 2018. Ari Rajasa
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pedidikan Nasional.
Sarwoni dan Sigit Santoso,” Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Geografi Tentang Sebaran Barang Tambang Di Indonesia Melalui Gabungan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Group Investogation Bagi Siswa Kelas XI Ips 2 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun 2015”, Jurnal GeoEco. 2. 2016.
Dwi Hamdayani, Siti Harnina Bintari dan Lisdiana, “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Spesimen pada Materi Invertebrata”, Unnes Journal Of Biology Education. 2. 2013.
Fathurrohman, Muhamad. 2015. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Herlanti, Yanti. “Science Education Research, Tanya Jawab Seputar Penelitian”, Universitas Islam Negeri Jakarta, 2006, h. 76, diunduh pada
tanggal 8 November 2019.
Huda, Miftahul. 2017. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2016. Cooperative Learning.
Bandung: Alfabeta
Jasa Ungguh Muliawan. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Johar, Rahmah dan Latifah Hanum. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.
Siti Fadjarajani, Ely Satiyasih dan Widyanti Noerdianasari. “Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Geografi”, Jurnal Persepektif Ilmu Pendidikan. 34. 2020.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofyan, Ahmad, Tonih Feronika dan Burhanudin Milama. 2006. Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi, Jakarta: UIN Jakarta Press.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. 2016. Jakarta: Kencana. Sudijono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.