THE PENERAPAN MODEL OLMP TERINTEGRASI DENGAN P5 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-9 DI SMA NEGERI 9 SEMARANG

Authors

  • Rima Yulia Larasati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pembelajaran di Luar Kelas, PjBL, Statistika, Hasil Belajar, Proyek

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya temuan hasil belajar peserta didik kelas X-9 di SMA Negeri 9 Semarang yang masih kurang dari kriteria. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya masih sedikit peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKTP yaitu 75. Penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan berupa strategi pembelajarn yang berbeda dari sebelumnya. Model pembelajaran yaitu OLMP (Outdoor Learning Mathematics
Project) menjadi salah satu model pembelajaran yang dipilih oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang diintegrasikan dengan kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Dari hasil penelitian diperoleh hasil yang signifikan pada hasil belajar Pra siklus, Siklus I dan siklus II. Pada kegiatan Pra siklus banyaknya peserta didik yang tuntas hanya 14 siswa dan persentase keberhasilan hanya 38,89%, kemudian pada siklus I banyaknya peserta didik yang tuntas sebanyak 24
siswa dengan persentase keberhasilan 66,67%. Persentase tersebut belum dapat menunjukkan keberhasilan tindakan, sehingga dilakukan siklus II yang mana menunjukkan keberhasilan pelaksanaan penelitian yaitu jumlah peserta didik yang tuntas adalah sebanyak 32 siswa dengan persentase keberhasilan 88,89%

References

Afinudin, A., Juniarti, & Zuhriah, F. (2023). Tingkat Kecemasan Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) terhadap Kemampuan Literasi

Matematik pada Materi Aritmatika Sosial. Seminar Nasional FPMIPA, 1(1).

https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/article/view/2175

Afriana, J. (2015). PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ). https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3338.2486

Aghe, K. A. E., & Nurming, S. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Kemampuan Menulis Karangan

Sederhana Bahasa Jerman Siswa. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL STUDIES (IJES), 21(2), 148–153. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijes.v21i2

Amin, N., Oviana, W., & Ghassani, F. (2021). Feasibility of Web-Based EBook Learning Media Using Anyflip Web on Digestive System Materials. Bioeducation Journal, 5(2), 99-110.

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas ( Outdoor Learning ) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap

Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 110–120.

https://doi.org/https://doi.org/10.23 887/wms.v15i1.31695

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.

PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Hapsari, K. D., Herkulana, & Achmadi. (2020). Efektivitas Pembelajaran Outdoor Study daam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata

Pelajaran Ekonomi. Khatulistiwa, 9(11), 1–8.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2 6418/jppk.v9i11.43421

Hikmah, A., Prayitno, A., & Damayanti, N. W. (2020). Penerapan Pembelajaran Outdoor Mathematics Dengan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(1), 10–20.

https://www.wisnuwardhana.ac.id/jppim/index.php/jppim/article/view/4

Hsin-chih, L., Chang, C. C. Y., Fan, Y., & Wu, Y. (2013). The implementation of mobile learning in outdoor education : Application of QR codes. March.

https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2012.01343.x

Irnawati. (2013). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DALAM PEMBELAJARAN PKn. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Khatulistiwa, 2(9).

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3341

Karmila. (2016). PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING BERBASIS KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI

SDN. Journal of EST, 2(April), 26–32.

https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i1

Lubis, D. E., Vebrina Ginting, E., Munthe, E. E., & Rahmani, E. (2023). Pengaruh Pembelajaran di Luar Kelas terhadap Minat dan Hasil Belajar

Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26212–26218.

https://doi.org/https://doi.org/10.31 004/jptam.v7i3.10819

Mu’alimin, & Cahyadi, R. R. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik). Ganding Pustaka. Nafaridah, T., Ahmad, Maulidia, L.,

Ratumbuysang, M. F. N. G., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada

Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional(PROSPEK II) “Transformasi Pendidikan Melalui

Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar,” 2(2).

https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2583

Nisa, J. (2015). OUTDOOR LEARNING SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN IPS DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. 2(1), 1–11.

https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1339.Permalink/DOI

Nuraripa Seno, N. U. R. A. R. I. P. A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMP PMDS Putra Palopo (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Oktaviani, Ria Resti. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Anyflip Pada Materi Kebiasaan Makan Masyarakat Palembang Untuk Mendukung Pembelajaran Online Mata Kuliah Kearifan Lokal Daerah Sumatera Selatan. Universitas Brawijaya:Malang

http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/71679

Pasinggi, Y. S., M, S. M., & Mursyida, C. (2023). Penerapan Model Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Uptd Sd Negeri 59 Parepare. Phinisi Integration Review, 6(2), 299–312.

https://doi.org/https://doi.org/10.26858/pir.v6i2.46669

Prasetyo, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Media Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ukur Tanah Kelas X Di SMK N 3 Semarang. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Pratiwi, A. D., Reffiane, F., & Paryuni. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas V SDN Gajahmungkur 04 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1916–1921.

https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4243

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK , KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059

Rodita, A., Isnani, I., & Utami, W. (2020). Metode Outdoor Learning dengan Media Visual pada Pembelajaran Matematika: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1).

Retrieved fromhttps://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/526

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. In Syukrul Hamdi (Ed.), Yogyakarta: Pustaka Pelajar (1st, Oktober ed.). Universitas

Hamzanwadi Press. Safitri, E., Musril, H. A., & Marito, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Bermuatan Problem Based Learning Mata Pelajaran Informatika Pada Kelas X Fase E Di SMA N 1 Koto Balingka. Jurnal Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi, 3(3), 90– 104.

https://doi.org/10.55606/jutiti.v3i3.3252

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sappaile, B. I., Pristiwaluyo, T., & Deviana, I. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa (H. Upu (ed.); 1st ed., Issue February). Sulawesi Selatan: GlobalRCI. Satria, Rizky, dkk. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. ___: Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Setiawati, E., Wijayanti, P. S., Rianto, R., & Sukasih, S. (2023). Efektivitas Pembelajaran Outdoor Learning Process Terhadap Peningkatan Kerja Sama, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(1), 115.

https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.6477

Smeds, P., Jeronen, E. K., Kurppa, S., & Vieraankivi, M. (2011). Rural camp school eco learn – Outdoor education in rural settings. International Journal of Environmental & Science Education, 6(3), 267–291.

Sukmawati, Fatma. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup.

Sulastri, A., Sugiyono, & Uliyanti, E. (2015). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS III. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1).

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i1.13145

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103.

Vera, A. (2019). Metode mengajar anak diluar kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: DIVA Press

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Larasati, R. Y. (2024). THE PENERAPAN MODEL OLMP TERINTEGRASI DENGAN P5 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-9 DI SMA NEGERI 9 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 415–422. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6353

Issue

Section

Matematika