Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan TaRL

Authors

  • Anas Azam Wildan Universitas PGRI Semarang
  • Muh. Isna Nurdin Wibiasana
  • Yulia Ratimiasih
  • Kingkin Lutfiyani

Keywords:

Teaching at The Right Level, passing bawah, bola voli., Teaching at the Right Level, keterampilan motorik, pendekatan diferensiasi, pendidikan jasmani, pembelajaran adaptif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI Perhotelan B SMK Negeri 1 Bawen melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan TaRL secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan passing bawah siswa. Persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 13,9% pada kondisi awal menjadi 63,9% pada akhir siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan penguasaan teknik dasar olahraga dan mampu menciptakan pembelajaran yang lebih terarah, menyenangkan, dan inklusif.

References

Alfyanti, E., Ardianto, D., & Ningsih, R. (2024). Peran pendidikan jasmani dalam mengembangkan aspek sosial dan emosional peserta didik. Jurnal Ilmu Keolahragaan.

Astuti, P. (2017). Korelasi harmonisasi gerak tubuh dengan keberhasilan passing bawah bola voli. Penerbit Universitas.

Dwinata Nandaka, H., Setyawan, D., & Rahayu, T. (2022). Analisis teknik passing bawah sebagai fondasi serangan dalam bola voli. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

Fadhil, M., & Ramadhan, A. (2019). Teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli. Penerbit Olahraga.

Fahmi, A., Rizki, M., & Lestari, S. (2023). Integrasi pendekatan TaRL dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Edukasi Olahraga.

Fatimah, S. (2020). Panduan praktis teknik passing bawah bola voli. Penerbit Olahraga.

Gadzali, M., Nurhayati, E., & Indrawati, R. (2023). Penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk peningkatan hasil belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Hadi, S., & Susanto, A. (2018). Penelitian tindakan kelas: Konsep dan implementasi. Penerbit Kencana.

Hidayat, A., & Santoso, R. (2022). Efektivitas pendekatan TaRL dalam mengelola kebutuhan belajar individual siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Iskandar, A. (2021). Fondasi permainan bola voli: Teknik passing bawah. Penerbit Olahraga.

Nugraha, A., & Putri, D. (2020). Pengelompokan siswa berbasis kemampuan aktual dalam pendekatan TaRL. Jurnal Pendidikan Dasar.

Nurhayati, R., & Kusuma, D. (2021). Peran passing bawah dalam membangun serangan efektif pada permainan bola voli. Jurnal Kepelatihan Olahraga.

Putria, R., Maula, H., & Uswatun, H. (2020). Pendidikan sebagai sarana perubahan perilaku individu. Jurnal Pendidikan.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, B., Kurniawan, E., & Lestari, A. (2021). Pembelajaran aktif dan reflektif dalam pendekatan TaRL. Jurnal Pendidikan Inklusi.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Wildan, A. A., Muh. Isna Nurdin Wibiasana, Yulia Ratimiasih, & Kingkin Lutfiyani. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pendekatan TaRL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020308. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7287

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Similar Articles

<< < 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.