Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal Kelas II SDN Plamongansari 02
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning, Ular TanggaAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh perolehan hasil belajar matematika yang belum mencapai Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model problem based learning berbantuan media ular tangga berbasis kearifan lokal kelas II materi bilangan cacah sampai 100. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dengan empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Plamongansari 02 dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil tes evaluasi prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tes prasiklus diperoleh nilai rata-rata 72 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 60,71%. pada siklus I mengalami peningkatan pada hasil nilai rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 71,43%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata 84 dengan persentase ketuntasan sebesar 82,14%. Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan kelas II SDN Plamongansari 02.
References
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.
Arikunto, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Arif, A. M., Mushafanah, Q., & Riskyati, N. (2023, November). Penerapan model PBL berbantu media ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar IPAS Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 2450-2455).
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024, February). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 724-730).
Setyowati, D., Prayito, M., & Djama’i, N. (2023, July). 221. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Mijen. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 1, pp. 1975-1985).
Pramusinta, Y., & Faizah, S. N. (2022). Belajar dan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Nawa Litera Publishing.
A. Supratiknya, Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes (Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta, 2012), 5.
Gusteti, & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 1–11. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.
Nur’aini, E., & Turi, S. D. N. (2017). Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Buku Pelajaran melalui Media Ular Tangga. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2, 441-447.
Siti Istiqomah, “Penerapan Metode Bermain Melalui Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sriwijaya Lampung Timur Tp.2017/ 2018”, (Dalam Skripsi), Bandar Lampung: UIN Radden Intan, 2018, 53-54.
Sari, E. P., Sari, M., & Salamah, S. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu dan perubahannya Kelas VII. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(2), 300-309.
Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044-1051.