MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF

Authors

  • elsa novarensa lutfiani Universitas PGRI Semarang
  • Eko Sugiyono SMK N 4 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Media Interaktif, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 4 Semarang melalui Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dua siklus dengan subjek 35 siswa Kelas X Teknik Otomotif 1 SMK Negeri 4 Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan mengukur hasil belajar siswa dalam bentuk skor dan persentase. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model PBL dengan berbantuan media interaktif. Pada siklus pertama, ketuntasan belajar mencapai 80% dengan rata-rata skor 77,11, meningkat menjadi 94,29% dengan rata-rata skor 88,34 pada siklus kedua. Penerapan model pembelajaran ini berjalan lancar dan siswa merasa senang dengan adanya media yang digunakan.

References

Andyny, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis

Ict Berbantuan Software Construct 2 Untuk Peserta Didik Mts. JIMEDU, 2, 1–15

Fikri Bunger, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 52. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3193

Gusti Ayu Putri Sriwati, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesia Journal Oof Educational Development, 2(2) 302–313. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Munawaroh, N., & Sholikhah, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen, 5(2), 167. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12860

Payadnya, I. P. A. A., Kadek, R. P., Ayu, P. A. W. I. G., Putu, S. I., Ayu, T. A. I., & Putu, S. A. P. I. (2024). Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan LKPD dan Video Pembelajaran Interaktif Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XD SMA Negeri 2 Mengwi. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 13(1), 32-43.

Priyanti, A. (2023). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 58-64.

Ridwan. (2005). Metode dan Teknik Penyusunan Tesis. Bandung: CV Alfa Beta.

Setyaningtyas, E. W., Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret, vol. 7, no. 1, 2019, doi:10.20961/jpd.v7i1.29002

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

lutfiani, elsa novarensa, & Sugiyono, E. . (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 352–358. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6247

Issue

Section

Matematika