Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Bunga Majemuk Kelas XI
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Bunga Majemuk, Problem Based Learning (PBL), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI pada materi bunga majemuk melalui strategi Problem Based Learning (PBL). Rendahnya kemampuan siswa terlihat dari beberapa indikator, yaitu: Hanya 25% siswa yang memahami dan menyelesaikan masalah dengan baik, 75% siswa belum tepat dalam merencanakan penyelesaian masalah, 50% siswa belum tepat menyelesaikan langkah-langkah pemecahan masalah, dan 75% siswa belum tepat memeriksa kembali hasil perhitungan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan: Peningkatan nilai siswa di atas KKM dari 27% pada pra siklus menjadi 60% pada siklus 1 dan 67% pada siklus 2, Peningkatan skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika dari siklus 1 ke siklus 2, Peningkatan partisipasi, kolaborasi, dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi PBL dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI pada materi bunga majemuk.
Kata kunci: : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Bunga Majemuk, Problem Based Learning (PBL), Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
References
Nuurjannah, P. E. I., Hendriana, H., & Fitrianna, A. Y. (2018). Faktor mathematical habits of mind dan kemampuan literasi matematis siswa smp di kabupaten bandung barat. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 51-58.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Siahaan, L. J. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Prisma dan Limas di Kelas X SMKN 1 Idanotae Tp. 2022/2023. Journal on Education, 6(2), 14543-14552.
Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, D., Kurniawan, T., Sihombing, S. K., Salim, E., Radjawane, M. M., Salmah, U., & Wardani, A. K. (2021). Matematika Untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Kemdikbudristek.
Susanto,Dicky dkk. 2021. BS : Matematika untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Susanto,Dicky dkk. 2021. BG : Matematika untuk SMA/SMK Kelas XI. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Maesaroh, S. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Teladan Mulia Asmaul Husna (Penelitian Tindakan Kelas IV SDN 204 Cidadap Kota Bandung). Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 22(1), 11-20.
Saraswati, S. (2021). TAHAPAN PTK. Penelitian Tindakan Kelas, 49