Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) di Kelas X ULP 2

Authors

  • novianasiska umisikhatun Universitas PGRI Semarang
  • Setia Naka Andrian Universitas PGRI Semarang
  • Asropah Universitas PGRI Semarang
  • Heru Tri Septiyanto SMK N 2 Semarang

Keywords:

Culturally Responsive Teaching (CRT), menulis, project based learning (pjbl), pembelajaran, teks biografi

Abstract

Peserta didik kelas X ULP 2 masih mengalami kesulitan dalam menulis teks biografi. Selain itu, hasil belajar kelas ini pada pembelajaran mengenal menulis teks biografi perlu adanya peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model Project based learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis teks biografi melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) di kelas X ULP 2 SMK N 2 Semarang. Waktu penelitian adalah bulan Maret-April yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dokumentasi. Proses penelitian melalui tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap tahapan. Peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus yang hanya 3 orang atau sebesar 8,34% dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 20, meningkat menjadi sebanyak 25 peserta didik atau setara 69,44% dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 60 pada siklus I. Kemudian, pada siklus II menjadi 36 peserta didik atau 100% dengan nilai tertinggi 91 dan terendah 83. Hal ini berarti terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 91,66% dari pra siklus ke siklus II. 

Author Biographies

Setia Naka Andrian , Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Semarang

Asropah, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas PGRI Semarang

Heru Tri Septiyanto, SMK N 2 Semarang

Bahasa Indonesia, SMK N 2 Semarang 

References

Arini, R., Hariatin, & Wicaksono, V. D. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Media Flashcard Berbantuan Culturally Responsive Teaching (CRT) di Sekolah Dasar. PINISI Journal of Education, 4(1), 100–109.

Efiyana, N., Wismanto, A., & Naviatun, T. (2024, December). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X-10 di SMA N 8 Semarang dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) (CRT). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 2, No. 1, pp. 75-80).

Endraswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriani, R., Untari, M. F. A., & Jannah, F. M. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) (CRT) dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 7529–7539.

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching (CRT): Theory, Research, and Practice. Teachers College Press.

Ginsberg, M. B., & Wlodkowski, R. J. (2009). Diversity and Motivation: Culturally Responsive Teaching (CRT) in College. Jossey-Bass.

Jayanti, N., Nuryatin, A., & Mardikantoro, T. (2015). Pembelajaran Menulis Teks Biografi pada Siswa SMK Kelas X dengan Menggunakan Model Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Powtoon. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(4), 559–570.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.

Keraf, G. (2004). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende: Nusa Indah.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Ladson-Billings, G. (1995). 1 Toward a Theory of Culturally Relevant Pedagogy. American Educational Research Journal, 2 32(3), 465-491.

Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Mata Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 8(1), 171–177.

Ocktavia, D., Rosdiana, R., & Nurjannah, N. (2024). Penerapan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching (CRT)) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa SMP. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 81–86.

Rachma, T. N., Ulumuddin, A., & Sudiyati, S. (2023). Peningkatan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model PBL dan Media Infografik pada Peserta Didik SMA Negeri Di Semarang. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 53–61.

Sari, S. D., UTAMI, A. S., & SUNARYO, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melaui Model Think Talk Write Pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMA N 09 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 65-76.

Sudjana, N. (2004). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81.

Suryani, A., & Lestari, H. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Dengan Menggunakan Media Infografis Pada Peserta Didik Kelas X di SMA IT Izzuddin Palembang. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(9).

Ulfiana, U., Septiana, I., & Rahayu, W. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Berbantuan Media Tokoh Idola pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 40-52.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

umisikhatun, novianasiska, , S. N. A., Asropah, & Heru Tri Septiyanto. (2025). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) di Kelas X ULP 2. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 250301117. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7320

Issue

Section

Pendidikan Bahasa Indonesia

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.