Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Statistika Kelas X

Authors

  • Desi Dwi Rahayu Zumaroh Universitas PGRI Semarang
  • Sugiyanti
  • Kresni Winanti

Keywords:

Statistics, Jigsaw method, Mathematics interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai minat belajar Matematika dengan menggunakan metode jigsaw di kelas X-11 SMA Negeri 5 Semarang tahun 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain adalah dokumentasi,observasi, dan angket, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah keriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP), rumusan klasikal siswa, penilaian lembar observasi siswa, lembar observasi guru, setelah analisis data ini dilakukan barulah akan diketahui apakah siswa kelas X-11 SMA Negeri 5 Semarang yang berjumlah 36 siswa yang memiliki minat sangat tinggi dan minat rendah.  Sedangkan data minat belajar siswa diperoleh dari tes yang diberikan pada awal siklus dan setelah siklus selesai. Setelah itu data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu tingkat ketertarikan mempelajari matematika meningkat dari 63% menjadi sebesar 91%, pemahaman materi dari 62% menjadi sebesar 85%, semangat belajar matematika dari 65% menjadi sebesar 89%, penilaian metode mengajar guru dari 72% menjadi sebesar 88%, kerjasama siswa dalam pembelajaran dari 65% menjadi sebesar 88%. Sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan atau persontase siswa yang tuntas sebanyak 25% atau 9 siswa dan pada siklus II menunjukan 58% atau 21 siswa hal ini juga terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I dan II masing-masing 54 dan 70. Kesimpulan bahwa penerapan metode kooperatif jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa, pada materi statistika di kelas X-11 SMA Negeri 5 Semarang.

References

Santano, R. A. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Tematik 5 Subtema 2. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Walisongo, 26(1), 1-10.

Rahmawati, E., Wulandari, C. A., & Fitriani, S. (2021). Hubungan Minat Belajar Matematika dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kalibaru Banyumas. Jurnal Pendidikan Islam Walisongo, 25(1), 1-10.

Rusman, M. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Supriyadi, S. (2020). Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Islam WALISONGO, 24(2), 238-252.

Trianto. (2019). Pembelajaran Kooperatif: Konsep, Aplikasi, dan Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Zumaroh, D. D. R., Sugiyanti, & Kresni Winanti. (2024). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Statistika Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 392–399. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6336

Issue

Section

Matematika