Upaya Meningkatkan Keterampilan Materi Guling Depan Menggunakan Metode Media Audio Visual Di SMPN 30 Semarang
Keywords:
physical education, audio-visual, forward rollAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatan hasil belajar guling depan melalui media pembelajaran audio-visual (video) dalam pembelajaran penjas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas VIII C SMPN 30 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Model pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual (video), sangat baik untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar guling depan pada siswa kelas VIII C SMP N 30 Semarang, karena dirasa siswa cukup menarik. (2) Selama kegiatan pembelajaran terjadi interaksi positif di antara para siswa. Aktivitas belajar tercipta saat mereka belajar dalam suasana yang menyenangkan dan mereka senang serta antusias selama kegiatan pembelajaran berlangsung. (3) Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar guling depan pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 62,5% atau 20 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 87,5 % atau sejumlah 28 siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran audio- visual dapat meningkatkan hasil belajar guling depan pada siswa kelas VIII C SMP N 30 Semarang.
References
Anas Sudijono. (2006). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Dini Aji Permatasari, & Priyono, B. (2012). Pengaruh metode pembelajaran terhadap keterampilan senam lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 45–53.
Fernando Corry, & Hartati Yuli Christina. (2021). Peran pendidikan jasmani dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga, 13(2), 33–41.
Khasanah, N., & Jayanti, S. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 58–65.
Mubarak, A., Arif, H., & Kuswanto, D. (2024). Strategi pembelajaran penjas di era digital.
Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 22–29.
Mubarak, A., et al. (2025). Penggunaan media digital dalam pendidikan jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(2), 88–97.
Pranata, D., Sunarto, & Wibowo, A. (2021). Analisis pembelajaran penjas melalui pendekatan saintifik. Jurnal Keolahragaan dan Pendidikan Jasmani, 6(1), 15–25.
Rozikin, M., Prasetyo, I., & Lestari, N. (2023). Pengaruh media sosial terhadap cara belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(3), 101–109.
Ruslan, A., & Huda, M. (2019). Faktor penyebab rendahnya minat belajar senam lantai siswa SMP. Jurnal Olahraga Prestasi, 14(1), 59–67.
Utomo, T., Widodo, S., & Nurhayati. (2024). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam penjas. Jurnal Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran, 11(1), 40–50