18. Upaya Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Audio Visual Kelas IV SD

Authors

  • Muhammad Syifa Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Danik Wahyuni Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar, Media Audiovisual

Abstract

Kegiatan pembelajaran terasa kurang efektif apabila hanya menggunakan metode ceramah saja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan membuktikan bahwa konsentrasi belajar siswa juga dipengaruhi oleh media ataupun model pembelajaran yang diberikan oleh guru. Di era milenial ini pembelajaran dengan berbasis IT sangat diperlukan selain untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait IT juga meningkatkan konsentrasi belajar siswa, karena siswa akan lebih focus dan berkonsentrasi ketika pembelajaran menggunakan media berbasis IT atau media audiovisual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan terbukti bahwa siswa kelas IV SDN Ngempon 02lebih berkonsentrasi ketika menggunakan media berbasis audiovisual, yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar ,ereka, dobuktikan demngan hasil belajar yang emngalami peningkatan dari prasiklus dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 30%, lalu meningkat di siklus 1 dengan ketuntasan klasikal 60%, yang kemudian pada siklus 2 terjadi peningkatan Kembali menjadi 90%. Sehingga terbukti bahwa media audiovisual mampu meningkatkan hasil belajar dan konsentrasi belajar siswa kelas IV SDN Ngempon 02

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Syifa, M., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. (2023). 18. Upaya Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Audio Visual Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 144–151. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3929

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)