120. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Bahasa Inggris Dengan Metode Problem Based Learning di Sekolah Menengah Atas
Keywords:
Kemampuan menulis, explanation text, project based learningAbstract
Menurut penulis, materi menulis atau kemampuan menulis sangat dibutuhkan di dunia perkuliahan atau pekerjaan adalah karena banyak materi atau kebutuhaan yang berkaitan dengan materi menulis, seperti ketika menulis untuk membuat surat, pengumuman, atau keperluan lainnya di dunia perkuliahan. Penelitian berjudul “ Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis bahasa Inggris Explanation Text Dengan Metode Explanation Text “ ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis text explanasi. Dengan menggunakan metode problem based learning peneliti berrharap kemaampuan siswa dalam menulis teks explanasi mengalami peningkatan. Alasan penulis menggunnakan metode problem based learning daripada metode lain adalah karena menurut penulis metode problem based leraning adalah metode yang cocok dengaan materi teks explanasi karena dapat dikaitkan dengaan problem atau permasalah yang ada di lingkungan kehidupan sehari hari. Dalam peneltitian ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini diperoleh hasil rata-rata pada siklus I dengan nilai 78,25 dan data rata-rata pada siklus II adalah 92,25. Angka dari penelitian menunjukan adanya selisih yang signifikan dan menunjukkan peningkatan. Dari hasil yang ditemukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke Siklus II. Dengan adanya peningkatan tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa metode penelitian problem based learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis explanation teks.