Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Dan Surat Dinas Menggunakan Pendekatan Tarl Dengan Metode Examples Non-Examples Kelas VII A Di SMP Negeri 37 Semarang
Keywords:
keterampilan menulis, surat dinas dan surat pribadi, model example non exampleAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dinas dan surat pribadi dengan pendekatan TaRL dan metode Example Non-Example pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 37 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama 2 siklus pembelajaran pada tahun ajar 2024/2025. Prosedur penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data berupa peserta didik kelas VII A SMP Negeri 37 Semarang yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan wawancara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu pada setiap tahapannya terdiri dari tahap perencanaan, tapan tindakan, observasi, dan juga refleksi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis surat baik dari segi struktur, bahasa, maupun kreativitas. Selain itu, partisipasi siswa dalam pembelajaran juga meningkat. Dengan demikian, pendekatan TaRL dan metode Examples Non-Examples terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dan dinas.
References
Arikunto, S. Dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2017). Teaching at the Right Level: A Review of the Evidence. Abdul Latif Jameel Poverty Action Lab (J-PAL).
Dalman. (2015). Penulisan Populer. Bandar Lampung: UM Lampung Press
Hyland, K. (2003). Second Language Writing. Cambridge: Cambridge University Press.
Ocktavia, D., Rosdiana, R., & Nurjannah, N. (2024). Penerapan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa SMP. DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 81-86.
Riana, R., & Hulu, L. S. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Melalui Model Cooperative Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 552-558.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Soplanit, A. F. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Menggunakan Model Examples Non Examples pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Kota Sorong Tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, 7(2), 62-75.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Marjo, Y.S.2000. Surat-Surat Lengkap, Untuk Berbagai Keperluan. Jakarta: Setia Kawan