139. Implementasi Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi Kelas X SMA Negeri 5 Semarang

Authors

  • Istiqomah Novitaningrum
  • Ika Septiana
  • Winarni Rahayu

Keywords:

keterampilan menulis, model experiential learning, teks biografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks biografi peserta didik dengan mengimplementasikan model experiential learning dalam pembelajaran di kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Pengambilan data dilakukan melalui tes, observasi sistematis, dan dokumentasi foto. Data akan disajikan dalam bentuk deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model experiential learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks biografi peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tes pada siklus I yang menunjukkan adanya ketuntasan klasikal sebesar 80,60% yang menunjukkan adanya peningkatan hasil sebesar 52,82% jika dibandingkan dengan tahap prasiklus sebelum dilakukan tindakan berupa implementasi model experiential learning. Pada tahap II, tingkat ketuntasan peserta didik meningkat dari 80,60% menjadi 88,89%. Berdasarkan perbandingan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model experiential learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks biografi.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Novitaningrum, I. ., Septiana, I. ., & Rahayu, W. . (2023). 139. Implementasi Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Biografi Kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1277–1285. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4080

Issue

Section

Prosiding 2023