133. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik pada Peserta Didik Kelas X-5 SMA Negeri 5 Semarang

Authors

  • Awang Ari Pangestu
  • Ika Septiana
  • Sutji Harijanti

Keywords:

Peningkatan, Menulis Puisi, Metode Akrostik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana kemampuan mahasiswa dalam menulis puisi menggunakan metode akrostik. Hal ini memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan keterampilan menulis puisi yang selama ini diajarkan secara tradisional. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui analisis deskriptif, dengan mencari nilai rata-rata skor aktivitas secara klasikal dan prosentase dari hasil belajar. Sedangkan analisis kuantitatifnya digunakan untuk menganalisis nilai hasil belajar subyek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian lembar observasi dan tes. Proses pembelajaran dengan metode akrostik ini lebih menekankan pada konteks pemahaman analisis siswa, namun dapat juga digunakan dengan menekankan aspek psikologis. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 orang dengan jumlah siswa laki- laki 14 orang dan perempuan sebanyak 16 orang. Dalam penelitian ini, guru melakukan peningkatan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis puisi melalui metode akrostik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa peningkatan dalam pembelajaran menulis puisi dengan metode akrostik yaitu 36,7% pada siklus I menjadi 63,3% pada siklus II dari total jumlah siswa sebanyak 30 orang dan tingkat pemerataan pemahaman juga meningkat menjadi 80,3%. Artinya, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam metode akrostik. Kemudian, beberapa peningkatan kemampuan siswa dengan diterapkannya metode akrostik, sebagai berikut: 1)Siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar yang disajikan, 2) Siswa lebih mengetahui aplikasi dari materi berupa contoh gambar yang disajikan, dan 3) Siswa lebih berani berbicara dalam mengemukakan pendapatnya.

 

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pangestu, A. A. . ., Septiana, I. ., & Harijanti, S. . . (2023). 133. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Metode Akrostik pada Peserta Didik Kelas X-5 SMA Negeri 5 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1223–1232. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4072

Issue

Section

Prosiding 2023