Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Menggunakan Model Pembelajaran Pjbl Berbantuan Media Video Motion Graphic Pada Peserta Didik Kelas X-7 Sman 10 Semarang
Keywords:
Project Based Learning, teks biografi, media pembelajaran, video Motion GraphicAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks biografi peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 10 Semarang dengan menggunakan model Project-Based Learning (PjBL) berbantu media video Motion Graphic. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek peserta didik kelas X-7 yang berjumlah 36 anak, dengan tahapan proses penelitian terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian menulis, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL berbantu media video Motion Graphic efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Pada kegiatan siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 82 dengan kenaikan sebesar 18,8 dari kegiatan prasiklus. Adapun pada siklus II nilai rata-rata mencapai 92 dengan persentase ketuntasan 100% dengan persentase kenaikan sebanyak 12,2% dari siklus I. Observasi menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan menulis peserta didik, serta perubahan sikap positif dalam menyimak dan mengamati media video yang disajikan.
References
Azizah, Anisatul dan Fayakunia Realita Fatamorgana. 2021. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran”. Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 3, No. 1, Hal. 15—22. Diakses pada tanggal 20 April 2023 pukul 19.01 WIB.
Machda, Firman. 2010. History of Motion Graphic – Motion by Design. Edisi 1 Februari. 2010.
Rahma, Uli Laela. 2019. Peningkatan Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Secara Tulis Melalui Model Scaffolding Dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita.
Sari, Damayanti S., Utami, Anik S., & Sunaryo, H. (2019).” Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Model Think Talk Write pada Peserta Didik Kelas X IPA 2 SMA N 09 Malang, Vol.7 No.1, Januari-Juni 2019 halaman 72. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/7431/3355 (diakses pada 25 Mei 2024).
Serin, H. (2019). Project Based Learning In Mathematics Context International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(3), 232-236.
Suharjono. 2019. “Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru.” In Penelitian Tindakan Kelas, edited by Suryani, 3rd ed., 107–85. Jakarta: Bumi Aksara.
Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas X Jakarta Kemendikbud.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa. (Kartalita) Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 34 Semarang. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.