Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas XI 4 SMA N 2 SEMARANG
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan keterampilan passing bawah permainan bola voli melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas XI 4 SMA Negeri 2 Semarang. Rendahnya hasil belajar serta kurangnya minat dan sarana pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berguna untuk mengungkapkan kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran penjas serta cara mengatasi kesulitan kesulitan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan ketrampilan siswa pada materi bola voli.Adapun setiap tindakan untuk pencapaian tujuan tersebut dirancang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi untuk perencanaan siklus berikutnya. Data dikumpulkan dari tes keterampilan, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II namun sebelumnya telah dilakukan pengamatan pada pra siklus. Setiap pertemuan dilakukan dengan durasi waktu 2 x 45 menit. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar siswa signifikan: dari 47% (pra-siklus) menjadi 62% (siklus I), dan mencapai 85% (siklus II). Rata-rata kelas juga naik dari 76,8 menjadi 79,4 dan 84,6. Disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keterampilan passing bawah. Direkomendasikan agar guru lebih kreatif dalam menyusun metode pembelajaran sesuai kebutuhan dan kemampuan siswa.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Aqib, Zainal. 2009. Penelitian tindakan kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya
Aip Syarifudin dan Muhadi. (1991/1992). Pendidikan Jasmani Kesehatan. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Beckmann, H. & Shöllhorn, W. I. (2006). Differenzielles Lernen im KugelstoBen. Marlina, (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.
Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 2, Nomor 3, Mei 2016, hlm. 340-349
Barbera L. Viera &Bonnie Jill Ferguson. (2000). Bolavoli Untuk Pemula. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada. Nuril Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta.
Sarumpaet, Zulfar Djazet dan Imam Sadikun. 1992. Permainan Bola Besar. Jakarta: Pembinaan Tenaga Kependidikan.