297. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK

Authors

  • Reza Putri Widari
  • Intan Indiati
  • Isnaeni Ernawati

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta rendahnya aktivitas siswa karena model pembelajaran yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan pada pembelajaran materi peluang kelas X yang dilakukan dalam tiga siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Busana 3 SMK Negeri 6 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata mencapai 84,50 dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 86,11%. Model pembelajaran Problem Based Learning juga meningkatkan aktivitas siswa yang mencapai skor 3,38 (aktif). Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SMK.

                                                                                                                                                   

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Widari, R. P. ., Indiati, I. ., & Ernawati, I. . (2023). 297. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2658–2667. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4001

Issue

Section

Prosiding 2023