275. Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik pada Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Daneswara Armei Linda
  • Intan Indiati
  • Nika Dewi Indriati

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Literasi Matematis, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis pada materi peluang di SMK Negeri 6 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang memuat empat tahap tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes kemampuan literasi matematis. Sampel penelitian ini adalah kelas X Kuliner 4 dan dilaksanakan selama 2 (dua) bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan koneksi matematis pada kondisi awal, siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut adalah 42,89; 56,39; 71,28 dan 86,75. Sedangkan persentase ketuntasan belajar peserta didik secara berturut-turut pada kondisi awal, siklus I, siklus II dan siklus III sebesar 14%, 27%, 47 dan 92%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik terhadap materi peluang.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Linda, D. A. ., Indiati, I. ., & Indriati, N. D. . (2023). 275. Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik pada Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2428–2439. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3954

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.