275. Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik pada Sekolah Menengah Kejuruan
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Literasi Matematis, Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis pada materi peluang di SMK Negeri 6 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang memuat empat tahap tindakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes kemampuan literasi matematis. Sampel penelitian ini adalah kelas X Kuliner 4 dan dilaksanakan selama 2 (dua) bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan koneksi matematis pada kondisi awal, siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut adalah 42,89; 56,39; 71,28 dan 86,75. Sedangkan persentase ketuntasan belajar peserta didik secara berturut-turut pada kondisi awal, siklus I, siklus II dan siklus III sebesar 14%, 27%, 47 dan 92%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik terhadap materi peluang.