Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas III SD N Rejosari 01 Semarang

Authors

  • Sapthania Elsyavalia Universitas PGRI Semarang
  • Intan Indiati Universitas PGRI Semarang
  • Rustantiningsih SDN Rejosari 01 Semarang
  • Ahmad Fatoni SDN Rejosari 01 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Tematik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada pembelajaran tematik kelas III SD N Rejosari 01 Semarang. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas III SD N Rejosari 01 Semarang. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD N Rejosari 01 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 27 siswa, 16 orang berjenis kelamin perempuan dan 11 orang berjenis kelamin laki-laki. Alur Penelitian Tindakan Kelas setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data teknik tes dan nontes. Teknik tes menggunakan instrumen soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal dan teknik nontes meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah > 80%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar melalui penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik kelas III SD N Rejosari 01 Semarang mengalami peningkatan tiap siklusnya. Saat prasiklus, ketuntasan siswa sebesar 11%, kemudian diperbaiki pada siklus I dengan menggunakan model PBL sehingga ketuntasan siswa mencapai 22%, dilanjutkan dengan perbaikan di siklus II sehingga tercapai ketuntasan sebesar 55%, karena masih belum memenuhi indicator keberhasilan maka dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus III dan memperoleh persentase ketuntasan sebesr 85%. Kesimpulannya, Hasil belajar tematik kelas III SD N Rejosari 01 Semarang meningkat melalui model Problem Based Learning.

References

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning ( Pbl ). Journal Of Elementary Education, 2(4), 36–44. https://journal.unnes.ac.id/sju/ind ex.php/jee/article/view/2069

Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2017). The effect of problem based learning (PBL) instruction on students’ motivation and problem solving skills of physics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 857–871. https://doi.org/10.12973/eurasia.2 017.00647a

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad

Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2. 331

Astuti, F. K., Cahyono, E., Supartono, S., Van, N. C., & Duong, N. T. (2018).

Effectiveness of Elements Periodic Table Interactive Multimedia in Nguyen Tat Thanh High School. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/ijiet

Dolhasair, G. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 5(3). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index. php/pgsdsolo/article/view/10339

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71– 78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2. 694

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1): 95-101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1. 2906

Fitriono, Y., Rochmad., & Wardono. (2015). Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian Serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 4 (1): 56-65. https://journal.unnes.ac.id/sju/in dex.php/ujmer/article/view/6908

Lutfa, A., Sugianto., & Sulhadi. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal. 3 (2): 78-80. https://doi.org/10.15294/upej.v3i 2.3592

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mawarti, S., Masrukan, & Asikin, M. (2018). The Effectiveness of Problem Based Learning with Authentic Assessment towards Students’ Mathematical Problem Solving Ability at 11 th Grade of Tran Nhan Tong Senior High School in Ho Chi Minh City Vietnam. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 114–121. https://journal.unnes.ac.id/sju/inde x.php/ujme/article/view/21587

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://Doi.Org/10.31004/Basicedu. V4i1.323

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalisti c.v3i2.391

Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241.

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.1 6138.

Sukama, I. N. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 63–

https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1. 18086.

Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 93–102. https://journal.unj.ac.id/unj/index. php/jpd/article/view/436

Tarigan, E., Simarmata, E., Antonius., & Sofia, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model PBL pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (4): 2294-2304. https://doi.org/10.31004/edukatif.v 3i4.1192

Vera, Monika, et al. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga. Jurnal MAJU. 6(1), 11–21.mhttps://www.neliti.com/id/publicati ons/502576/peningkatan- kreativitas-dan-hasil-belajar-siswa- melalui-model-pembelajaran- probl#cite

Waluyo, A., Wardani, N. S., & Prastetyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pbl-Gi Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v 3i1.63

Zwaal, W. & Hans, O. (2012). The Impact of Concept Mapping on the Process of Problem Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning (Spring). 6 (1): 104-128. https://doi.org/10.7771/1541- 5015.1314

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Elsyavalia, S. ., Indiati, I. ., Rustantiningsih, & Fatoni, A. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas III SD N Rejosari 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2672–2683. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5425

Issue

Section

Prosiding 2023