54. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif pada Kelas V SDN Pati Lor 05

Authors

  • Mahrojatin Kholifah
  • Duwi Nuvitalia
  • Sukarno

Keywords:

hasil belajar, problem based learning, powerpoint

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif Bahasa Indonesia melalui model problem based learning berbantuan powerpoint interaktif pada kelas V SDN Pati Lor 05. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 30 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 4 tahapan untuk setiap siklus yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh data bahwa pra siklus ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik 37% dengan rata-rata 54,7. Selanjutnya pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar kognitif 53% dengan rata-rata 68. Pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar kognitif 83%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif Bahasa Indonesia peserta didik kelas 5 di SDN Pati Lor 05.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Kholifah, M. ., Nuvitalia, D. ., & Sukarno. (2023). 54. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint Interaktif pada Kelas V SDN Pati Lor 05. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 481–488. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3950

Issue

Section

Prosiding 2023