Peningkatan Hasil Belajar Kogniitf dengan Media Konkret Mapel Matematika Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Wilissita Inggrid
  • Dwi Nuvitalia
  • Eni Murdhiati
  • Ratna Nina Sari

Keywords:

Media Konkret, Matematika, hasil belajar kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dengan media konkret mapel matematika kelas  II Sekolah Dasar di SDN kalicari 01 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kleas II B SDN Klaicari 01 Semarang sebanyak 28 peserta didik diantaranya 16 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus dengan jumlah Siklus I dua pertemuan dan Siklus II dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, hasil wawancara, dokumentasi dan tes evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menggunakan media benda konkret pada mapel matematika menggunalan model PBL pada peserta didik kelas II B di SDN Kalicari Semarang mengalami peningkatan. Hal ini dapat terbukti dari hasil rata-rata nilai dari siklus I pertemuan pertama mendapatkan hasil rata-rata 67 dengan hasil siswa yang tidak tuntas 12 0rang, kemudian diadakannya siklus I pertemuan II mendapatkan hasil rata-rata 83 dengan peserta didik yang tidak tuntas 4. Kemudian dilakukan kembali pengulangan pada siklus II dengan dua pertemuan yang mendaptkan nilai yang meningkat yaitu pada pertemuan pertama rata-rata nilai 94, kemudian pertemuan ke II mendapatkan rata-rata nilai 95. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil rata-rata dan presentase perolehan skor nilai, presentase ketuntasan hasil belajar yang didapatkan.

References

Andriyanto, R, E., Widiastuti, R., & Yusmansyah. (2017). Analisis tingkat ketercapaian tugas perkembangan karier mahasiswa dan implikasinya terhadap pelayanan konseling. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 227-234. → Jurnal cetak

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 75–87.

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya

Awang, Rambu Ery Ana. (2016). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajarn IPS Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Based Learning pada Pembelajaran

Budiargo, Dian. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Capra, F. (1999). Titik balik peradaban (M. Thoyyibi, Trans.). Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya. (The Turning Point: Science, Society, and the rising culture. Original work published 1982). → Buku terjemahan

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468. Hasil Belajar Siswa dengan Jakarta: Prenadamedia Group.

Maher, B. A. (Ed.). (1964–1972). Progress in experimental personality research (6 vols.). New York: Academic Press.

Makmara. T. (2009). Tuturan persuasif wiraniaga dalam berbahasa Indonesia: Kajian etnografi komunikasi. (Unpublished master’s thesis) Universitas Negeri Malang, Malang, IndonesiaMcCabe, D. (2005). Cheating: Why students do It and how we can help them stop. In A. Lathrop, K. Foss (Eds.), Guiding students from cheating and plagiarism to honesty and integrity: Strategies for change (pp. 237-246). USA: Libraries Unlimited.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (1992). Tiga undang-undang: Perkeretaapian, lalu lintas, dan angkutan jalan penerbangan tahun 1992. Jakarta. Eko Jaya. → Dokumen Pemerintah

N. (2017). Pemberdayaan komunitas anak jalanan Yogyakarta melalui bermain peran. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 11-18. Retrieved from http://ojs.ejournal.id/index.php/ppm/article/view/74 → Jurnal online

United Arab Emirates architecture. (n.d.). Retrieved June 17, 2010, from UAE Interact website: http://www.uaeinteract.com/ →Website

Wardani, & Wihardit, K. (2021).

Wilkinson, R. (1999). Sociology as a marketing feast. In M. Collis, L. Munro, & S. Russell (Eds.), Sociology for the new millennium. Paper presented at The Australian Sociological Association, Monash University, Melbourne, 7-10 December (pp. 281-289). Churchill: Celts. → Proceeding

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. → Buku

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Inggrid, W. ., Nuvitalia, D. ., Murdhiati, E. . ., & Sari , R. N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kogniitf dengan Media Konkret Mapel Matematika Kelas II Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2019–2025. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5344

Issue

Section

Prosiding 2023