40. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dengan Model Problem Based Learning Berbantu Media Papan Waktu Kelas II SDN Pati Lor 05

Authors

  • Yusma Dewi
  • Duwi Nuvitalia
  • Sukarno

Keywords:

Problem Based Learning, Papan Waktu, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas II di SDN Pati Lor 05 melalui model Problem Based Learning dengan bantuan media papan waktu. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data yang digunakan tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Data awal hanya 35,70% yang tuntas atau sebanyak 5 anak yang tuntas, sehingga banyak peserta didik yang nilainya belum tuntas KKM. Hal ini dikarenakan pendidik belum menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif. Hasil penelitian pada prasiklus, jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 5 (35,7%). Siklus I terjadi peningkatan sebesar 21,4% sehingga peserta didik yang tuntas sebanyak 8 anak. Siklus II juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 28,6% atau terdapat 12 peserta didik yang tuntas. Adanya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah peserta didik yang mengalami ketuntasan. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media papan waktu dapat meningkatkan hasil belajar kognitif matematika peserta didik pada materi waktu di kelas II Pati Lor 05.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Dewi, Y. ., Nuvitalia, D. ., & Sukarno. (2023). 40. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dengan Model Problem Based Learning Berbantu Media Papan Waktu Kelas II SDN Pati Lor 05. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 358–365. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3930

Issue

Section

Prosiding 2023