243. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 1 SDN Pati Lor 05 Berbantuan Media Counting Box
Keywords:
problem based learing, Media counting box, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Pati Lor 05 menerapkan model problem based learing dengan berbantuan media Counting Box. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pati lor 05 yang berjumlah 9 siswa, dengan jumlah 6 laki-laki dan 3 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 33,3% dengan rata-rata kelas 71,1 dan belum mencapai indikator keberhasilan 80%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 88,9% dengan rata-rata kelas 95,5 dan mencapai indikator keberhasilan yaitu sudah melebihi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model problem based learning dengan berbantuan media Counting Box dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Pati lor 05 pada materi matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan 11-20