243. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 1 SDN Pati Lor 05 Berbantuan Media Counting Box

Authors

  • Pipin Novia Anggraeni Universitas PGRI Semarang
  • Duwi Nuvitalia Universitas PGRI Semarang
  • Sukarno SDN Pati Lor 05

Keywords:

problem based learing, Media counting box, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Pati Lor 05 menerapkan model problem based learing dengan berbantuan media Counting Box. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pati lor 05 yang berjumlah 9 siswa, dengan jumlah 6 laki-laki dan 3 perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 33,3% dengan rata-rata kelas 71,1 dan belum mencapai indikator keberhasilan 80%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II  yaitu 88,9% dengan rata-rata kelas 95,5 dan mencapai indikator keberhasilan yaitu sudah melebihi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model problem based learning dengan berbantuan  media Counting Box dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Pati lor 05 pada materi matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan 11-20

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Anggraeni, P. N., Nuvitalia, D., & Sukarno. (2023). 243. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 1 SDN Pati Lor 05 Berbantuan Media Counting Box. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2161–2170. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4309

Issue

Section

Prosiding 2023