223. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Kelas V SDN Pati Lor 05

Authors

  • Nur Rohmawati Universitas PGRI Semarang
  • Duwi Nuvitalia Universitas PGRI Semarang
  • Sukarno SDN Pati Lor 05

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN Pati Lor 05 melalui penerapan model Problem Based Leraning dengan metode eksperimen. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data yang digunakan tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Data awal banyak peserta didik yang nilainya belum tuntas KKM. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan metode pembelajaran yang inovatif. Siklus I dan siklus II mengalami kenaikan persentase ketuntasan. Siklus I sebanyak 20 (66,67%) peserta didik yang tuntas dengan kategori sedang. Pada siklus II sebanyak 26 (86,67%) peserta didik yang tuntas dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN Pati Lor 05.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Rohmawati, N., Nuvitalia, D., & Sukarno. (2023). 223. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Kelas V SDN Pati Lor 05. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1993–2000. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4252

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)