47. Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Erna Puji Lestari
  • Fine Reffiane
  • Nur Riskiyati

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas 5C SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada peserta didik kelas 5C SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang dengan jumlah 26 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I dan siklus II tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian berdasarkan penelitian pembelajaran IPA di kelas 5C dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas 5C SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar peserta didik, pada siklus I sebesar 54%, dan meningkat pada siklius II menjadi 81%. 2) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas 5C SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar peserta didik yang menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Lestari, E. P. ., Reffiane, F. ., & Riskiyati, N. . (2023). 47. Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 421–428. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3942

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>